Taryana Suryana
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Google Scholar
About
4ICU
APRS
Alexa Rank

QRCODE Jaringan Pertemanan Unikom

QRCODE Jaringan Pertemanan Unikom

Jaringan Pertemanan UnikomKampus

http://kampus.unikom.ac.id

logo.jpg


Mulai hari sabtu 5 Juni 2010 Unikom Center telah meluncurkan Website Unikom Kampus, yang sudah mendukung Teknologi QR Code. 

qrkampus.jpg

Penerapan teknologi ini di Indonesia masih sangat jarang, baru harian Kompas yang sudah menggunakan teknologi ini untuk mengapresiakan berita mereka, dan sekarang Unikom Center juga telah menerapkan teknologi ini untuk website-website yang ada di Universitas Komputer.

QR Code merupakan suatu jenis matriks kode atau barcode dua dimensi yang dibuat dan dikembangkan oleh Denzo Wave yang pada waktu itu merupakan sebuah divisi Denso Corporation, sebuah perusahaan Jepang yang masih merupakan bagian dari Toyota group. QR di sini merupakan kependekan dari quick response, sebuah harapan dari pembuatnya bahwa kode ini akan cepat di-decode. Awalnya, QR Code digunakan untuk mendata sparepart kendaraan dalam perusahaan, namun kini penggunaannya semakin meluas apalagi setelah spesifikasi QR Code dilepas ke publik.


Kode ini amat populer di Jepang. Banyak perusahaan menggunakannya untuk aktivitas pemasaran dan promosi. Hampir semua jenis ponsel di Jepang dan Korea bisa membaca QR code. Kode ini mulai digunakan di berbagai media Eropa.

230px-Japan-qr-code-billboard.jpg

Contoh QR Code untuk Reklame


QR code berfungsi sebagai ”jembatan” penghubung secara cepat antara konten offline dan konten online. Kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. QR code bertindak seolah-olah hyperlink fisik yang dapat menyimpan alamat web (URL), nomor telepon, teks, dan SMS.


Untuk membaca QR code, jalankan aplikasi reader dan arahkan kamera ponsel Anda ke letak QR code. Dengan cara memotret barcode dua dimensi (lihat gambar) itu, sesaat kemudian anda akan mendapatkan informasi apa sebenarnya yang ada dibalik gambar tersebut. Informasi yang ditampilkan dapat berupa halaman http website, isi sms, text dan lain-lain.


Selain itu, QR code juga bisa ditempatkan di billboard di pinggir jalan sehingga sambil lewat, orang bisa memindainya. QR code juga bisa ditempelkan di bus, kereta api, kartu nama, bahkan di topi atau t-shirt.

 

t-shirt-734387.jpg

QR Code pada Kaos


Tidak seperti barcode yang hanya satu sisinya saja yang mengandung data, QR Code mempunyai dua sisi yang berisi data, dan ini membuat QR Code lebih banyak memuat informasi dibandingkan bar code. QR Code misalnya, dapat menampung informasi berupa URL suatu website yang nantinya dapat digunakan pada majalah, iklan, atau media lainnya, sehingga ketika seorang pengguna handphone berkamera dan mempunyai aplikasi pembaca QR Code dapat langsung men-scan dan masuk ke website yang dimaksud tanpa perlu mengetikkan alamatnya...


Kapasitas data untuk QR Code dibandingkan matriks kode yang lain dapat dikatakan cukup besar, yaitu dapat menampung 7.089 data numerik, 4.296 data alphanumerik, 2.953 data biner, atau 1.817 karakter kanji, dengan dukungan kecepatan pendekodean dan ukuran cetak yang kecil. Hasil cetakan QR Code dikatakan juga tahan terhadap kerusakan sampai dengan 30% agar tetap dapat dibaca. Selain itu, QR Code dapat dibaca dari segala arah dengan hasil yang sama sehingga meminimalkan kesalahan baca akibat salah poisisi QR Code.

 

31018456v3_480x480_Front.1.jpg

QR Code pada Tas

hotel.jpg

Hotel dengan QR Code Arsitektur

 

050810_qr_suntan01.jpg

Tato dengan QR Code

Untuk menghasilkan suatu gambar atau simbol QR Code, suatu informasi di-encode melalui suatu aplikasi QR Code generator. Beberapa aplikasi QR Code generator yang dapat digunakan antara lain:

  • Aplikasi web seperti Kaywa QR-Code, SnapMaxe QR Code Generator, di sini, disini, atau beberapa lagi yang bisa dicari dengan kata kunci “QR Code generator” pada Google.
  • Add-on untuk Firefox yang dapat digunakan untuk menghasilkan QR Code dari alamat website yang sedang diakses seperti Mobile Barcoder atau SnapMaze QR Code Firefox Extension.
  • Google Chart API yang memang sudah mendukung QR Code.

Dan untuk membaca QR Code, QR Code reader atau scanner yang dapat digunakan antara lain:

  • QR Code reader untuk perangkat handphone seperti yang disebutkan pada halaman Nokia, dan yang biasa saya gunakan dengan hasil pembacaan cukup baik pada handphone LG KU250 saya adalah Kaywa Reader.
  • Aplikasi java yang dapat digunakan untuk desktop maupun perangkat handphone dapat didownload dari halaman ini.
  • Aplikasi QR Code reader dan 2D code lainnya untuk iPhone seperti yang disediakan iMatrix.
  • ZXing Decoder Online yang dapat digunakan untuk men-decode QR Code berupa image dengan memasukkan URL image maupun dengan menguploadnya.

kompas.jpg

Project terkait encode/decode QR Code:

  • Zxing, project open-source, implemetasi library berbasis java untuk pembacaan barcode 1D/2D termasuk QR Code.
  • Open Source QR Code Library untuk encode/decode QR Code dibawah lisensi GPL V.2.

Referensi terkait QR Code:
•    Denso-Wave website
•    QR Code di Wikipedia



 Reference lain dapat dilihat di media kompas http://www.kompas.com/

 

taryana.jpg

 

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 23 Juni 10 - 12:24 WIB
Dalam Kategori : JARINGANPERTEMANAN, BLOG UNIKOMKAMPUS, QRCODE, QR CODE, QR-CODE
Dibaca sebanyak : 3235 Kali
Rating : 4 Bagus, 0 Jelek
Nasrullah, S.KomNasrullah, S.Kom · ada blognya juga ya pak... Senang 
kok tadi dibuka malah muncul koding pak....
Diposting pada : Rabu, 23 Juni 10 - 12:27 WIB
Taryana SuryanaTaryana Suryana · coba sekarang, khan baru 2 menit yg lalu online nya
Diposting pada : Rabu, 23 Juni 10 - 12:31 WIB
Nasrullah, S.KomNasrullah, S.Kom · masih muncul koding seperti ini pak
Array
(
[REDIRECT_STATUS] => 200
[HTTP_HOST] => blog.unikom.ac.id
[HTTP_USER_AGENT] => Mozilla/5.0 (Windows; U; Windows NT 5.1; en-US; rv:1.9.2.3) Gecko
Diposting pada : Rabu, 23 Juni 10 - 12:35 WIB
Taryana SuryanaTaryana Suryana · browsernya di shift refresh dulu
Diposting pada : Rabu, 23 Juni 10 - 12:49 WIB
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback