Taryana Suryana
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Google Scholar
About
4ICU
APRS
Alexa Rank

Mitra Kamtibmas Polres Cimahi (KIC)

Mitra Kamtibmas Polres Cimahi (KIC)

PERNIKAHAN EWING

Member Mitra Kamtibmas Polres Cimahi
 
 
1
 
1
 
Mamah Citra
 
1
 
Kang Eddo
 
 
1
 
Pak Nana
 
1
 
Pak Guru
 
 
1
 
1
 
Pak UU, Pak Marsel
 
 
1
 

SEKILAS INFO MITRA POLRES CIMAHI

Mitra kamtibmas & polisi menjaga keamanan ruang2 publik, dengan radio ( RPU ).
Masyarakat di wilayah hukum Polresta Cimahi, kini dapat memberi informasi tentang suatu kejadian melalui radio pancar ulang ( RPU ). Lebih mudah. Tak perlu datang ke polisi untuk melapor. RPU dapat menampung aspirasi dan informasi dari masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan gangguan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres kota Cimahi ( kota Cimahi, Kab.Bandung Barat, Kec.Margaasih Kab. Bandung ).
 
“Informasi yang disampaikan masyarakat pengguna RPU, langsung dapat diterima anggota Polres Cimahi yang bertugas di posko kamtibmas selama 24 jam,” ujar Kapolresta Cimahi, Ajun Kombes Purwolelono, saat ditemui dii sela2 uji coba mitra kamtibmas di Polresta Cimahi. Masyarakat dapat mengakses RPU dengan mendaftar terlebih dahulu ke polres atau polsek setempat, sambil menyerahkan fotokopi KTP yang masih berlaku serta tidak dipungut biaya. Mereka yang bergabung akan disebut mitra kamtibmas Polresta Cimahi. Untuk mengakses RPU, mitra kamtibmas diharuskan menyetel radionya sesuai nama repeater kambtibmas yang disediakan Polresta Cimahi, yaitu output  Frekuensi: 151.900 Mhz
 
Masyarakat yang menjadi sasaran uji coba RPU, adalah mereka yang berada di objek2 vital terjadinya kriminalitas, misalnya lokasi wisata, perusahaan, bank dan depo Pertamina. Setiap kelompok siskamling dianjurkan memiliki minimal satu RPU. Saat ini, sudah sekitar 700 warga dari berbagai kalangan, mendaftarkan diri sebagai mitra kamtibmas.”Saya perkirakan akan mencapai 2000 orang yang menjadi mitra kamtibmas,” kata Purwo.
 
Untuk memudahkan, masyarakat mitra kamtibmas dan anggota polisi dilarang menggunakan sandi2 kepolisian ketika mengudara, agar masyarakat yang mendengarkan dapat langsung mengetahui dan mengerti apa yang sedang terjadi. Bertema “Komunikasi Terjalin, Kamtibmas Terjaga”, Purwo berharap adanya RPU dapat lebih mempererat hubungan masyarakat dengan polisi sebagai pengayom masyarakat. Tidak perlu ada kecanggungan antara masyarakat dengan polisi. Hal terpenting adalah bagaimana menjalin kerja sama demi terciptanya kamtibmas.
 
Hadirnya RPU disambut baik berbagai kalangan. Juni Atmanto, warga Kec.Cisarua Kab.Bandung Barat, mengatakan, ia sudah lama berkecimpung di dunia breaker radio. Mendengar adanya RPU dari Polresta Cimahi yang bisa diakses masyarakat, ia menyatakan akan bergabung.”Dengan RPU, kita bisa saling menginformasikan kejadian yang ada di sekitar kita. Selain itu, kita juga bisa membantu polisi untuk lebih cepat mengetahui apa yang terjadi di masyarakat.” Keberadaan RPU diharapkan bisa menjadi penghubung antara polisi dan masyarakat. Selama ini, menghubungi polisi saat ada kejadian sangat sulit. ( PR, 3/8/2009 )
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 05 Agustus 14 - 21:10 WIB
Dalam Kategori : MITRA, KIC, CITARUM, RADIO, SARATUS METERAN, ORARI, BREAKER, ROIP
Dibaca sebanyak : 4476 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback