Taryana Suryana
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Google Scholar
About
4ICU
APRS
Alexa Rank
Featured Blog
Featured

Langkah Antisipasi Begal Motor

Langkah Antisipasi Begal Motor

1

Sepekan terakhir ini ramai diberitakan mengenai aksi pencurian kendaraan dengan kekerasan atau yang kerap disebut dengan begal motor. Aksi pembegalan pun kini sudah semakin meresahkan, karena para pelaku sudah tak segan lagi membunuh korban jika melakukan perlawanan. Fenomena aksi begal motor ini biasanya terjadi pada kisaran tengah malam hingga dini hari.

Aksi begal motor terjadi akhir-akhir ini tak hanya mengincar para pemotor laki-laki, tapi juga para pemotor wanita. Jalanan yang sepi dan minim area penerangan, biasanya dijadikan lokasi bagi para pembegal untuk melancarkan aksinya. Para pembegal juga biasanya tak beraksi sendirian, tapi berkelompok dan terorganisir. Biasanya, sepeda motor hasil kejahatan akan dipreteli untuk dijual kembali.

Semakin maraknya aksi pembegalan akhirnya membuat para pemotor harus selalu waspada. Meskipun kini aparat kepolisian sudah semakin mengintensifkan patroli di area-area rawan kejahatan, tapi kita juga perlu berjaga-jaga agar bisa menghindari aksi begal motor.

Seperti yang dikutip Carmudi Indonesia dari Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Martinus Sitompul, ada beberapa tips untuk menghindari aksi begal motor. “Tips ini dapat digunakan pengguna jalan dan harapannya lebih mudah diingat karena disusun sesuai dengan akronimnya.”

Ilustrasi Aksi Begal Sepeda Motor

Ilustrasi Aksi Begal Motor

Hindari Jalanan yang Sepi pada Malam Hari

Ketika mengendarai sepeda motor di malam hari, usahakan untuk menghindari atau berhenti di tempat-tempat yang sepi. Meskipun terpaksa harus berhenti, lebih baik mencari tempat atau lokasi yang ramai.

Informasikan Perjalanan ke Keluarga atau Teman

Sangat penting bagi para pengendara sepeda motor untuk menginformasikan rute perjalanan ke keluarga atau teman terdekat. Informasi yang diberitahukan akan cukup berguna jika sewaktu-waktu ada insiden di jalanan.

Selalu Waspada Saat Berkendara

Ketika sedang mengendarai sepeda motor, usahakan selalu bersikap waspada dan memerhatikan keadaan sekeliing. Sikap ini bukan berarti membuat para pemotor bersikap paranoid, tapi lebih fokus ketika sedang berkendara.

Hindari Penggunaan Barang-barang yang Menarik Perhatian

Salah satu penyebab terjadinya aksi begal motor, selain mengincar sepeda motor, para pelaku juga mengincar barang-barang yang terdapat pada para pemotor. Selalu simpan barang-barang mewah di dalam tas agar tak menarik perhatian.

Usahakan Selalu Berdua atau Berboncengan Saat Naik Sepeda Motor

Mendapatkan teman seperjalanan ketika sedang mengendarai sepeda motor sangat penting, karena bisa meningkatkan kewaspadaan. Biasanya, para pelaku pembegalan mengincar mereka yang berkendara sendirian.

Amati Wajah dan Ciri Pelaku

Jika menemukan situasi yang mencurigakan, disarankan agar membunyikan klakson secara terus menerus. Hal itu diharapkan agar bisa menarik perhatian warga sekitar. Setelah itu, langsung laporkan insiden begal motor yang terjadi ke kantor kepolisian terdekat, agar bisa segera ditindaklanjuti.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 14 April 15 - 20:16 WIB
Dalam Kategori : CARMUDI, LANGKAH ANTISIPASI BEGAL MOTOR
Dibaca sebanyak : 5441 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback