Taryana Suryana
Blog Universitas Komputer Indonesia
Pengenalan
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Google Scholar
About
4ICU
APRS
Alexa Rank
Featured Blog
Featured

Komunikasi Digital 2 Arah Menggunakan Mode FT8

Komunikasi Digital 2 Arah Menggunakan Mode FT8

WSJT-X Mode FT8 

Radio Amatir merupakan salah satu Hoby yang sangat menarik, bahkan mungkin paling menarik yang ada di muka bumi ini, kenapa saya bisa bilang seperti itu: Semua orang satu sama lain saling berkomunikasi, dengan Radio Amatir komunikasi dapat dilakukan untuk jarak dekat maupun jarak sampai ribuan kilo meter hanya dengan menggunakan perangkat radio yang dimiliki.
 
Untuk berkomunikasi antara satu dengan lainnya ada beberapa mode yang dapat digunakan, misalnya dengan menggunakan komunikasi langsung (voice), menggunakan kode morse (cw) ataupun menggunakan mode digital seperti sstv, psk31, paket radio, rtty, hell, olivia, bpsk, jt65 dan Mode Terbaru yaitu FT8.
 
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman dengan temen2 mengenai mode FT8 dengan menggunakan software WSJT-X.
 
WSJT-X adalah program komputer yang dirancang untuk memfasilitasi komunikasi radio amatir menggunakan sinyal yang sangat lemah. Teknik modulasi JT di kembangkan oleh Joe Taylor, K1JT, Prof. Joe Taylor adalah pemenang hadiah nobel astrophysics dan pernah bekerja di National Radio Astronomy Observatory's telescopes di Green Bank, West Virginia. 
Empat huruf pertama dalam nama program adalah singkatan dari “ Weak S ignal communication oleh K1 JT ,” sementara sufiks “-X” menunjukkan bahwa WSJT-X dimulai sebagai cabang program WSJT yang diperluas dan eksperimental.
WSJT-X Versi 1.9 menawarkan sembilan protokol atau mode yang berbeda: FT8 ,  JT4 ,  JT9 ,  JT65 ,  QRA64 , ISCAT ,  MSK144 ,  WSPR ,  dan Echo . Lima yang pertama dirancang untuk membuat QSO yang andal di bawah kondisi ekstrim sinyal yang sangat lemah. Mereka menggunakan struktur pesan dan penyandian sumber yang hampir identik. JT65 dan QRA64 dirancang untuk EME ("moonbounce") pada band VHF / UHF dan juga telah terbukti sangat efektif untuk komunikasi QRP di seluruh dunia pada band-band HF. QRA64 memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan JT65, termasuk kinerja yang lebih baik pada sinyal yang paling lemah
 

Setting FT8 Menggunakan Radio Yaesu FT-450

Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana setting wsjt-x untuk FT-8 dengan menggunakan Interface Kabel CAT
 
Kabel CAT yang saya pergunakan adalah :
1
 
Seller: sjgwilliam (5305)
 
40 Falcon Close
Droitwich, Worcestershire, WR9 7HF
United Kingdom
 
 
 
 
 
 
Barang tersebut saya dapat di ebay.com
 
Berikut contoh sekian ribu stasiun amateur yang berhasil berkomunikasi dengan saya menggunakan mode ft8.
 
1
 
Pertama anda download software WSJT-x
https://physics.princeton.edu/pulsar/k1jt/wsjtx.html
 
Setelah Kabel CAT Interface terhubunga dengan Radio dan software WSJT-x telah terinstall di komputer anda, kemudian jalankan Program WSJT-x tersebut, selanjutnya akan ditampilkan jendela seperti berikut:
 
Pilih Menu Program Setting, selanjutnya akan ditampilkan jendela seperti berikut:
1
 
Masukan Callsign, Grid Locator Stasiun Anda, kemudian checklist sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian pindah ke tab berikutnya, yaitu tab Radio
1
 
Pilih Radio yang digunakan, pada contoh berikut saya menggunakan Radio Yaesu FT-450, Baudrate, Data Bits, Handshake sesuaikan dengan setting diatas
Selanjutnya pindah ke Tab Audio, Sesuaikan Setting Soundcard anda, input dan outputnya.
 
1
 
Selanjutnya pindah ke Tab Reporting
1
 
Dan terakhir pindah ke Ta Advanced,
1
 
Selanjutnya Click OK, untuk menympan hasil perubahaan tadi, dan saatnya anda untuk memulai hidup baru yang indah dan penuh pesona dengan menggunakan mode FT8.
 
1
 

Interface

Ada beberapa Interface yang dipergunakan oleh saya, yaitu Produk dari Radio Bengkel Om Iyan yc1lfb, dan Produk Interface dari Viny-SC III
1
 
 
1
Stasiun FT8 yc1jea
 
Sekian dulu terimakasih
de yc1jea
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 14 Oktober 18 - 22:08 WIB
Dalam Kategori : WSJT, WSJT-X, FT8, YC1JEA, JT65
Dibaca sebanyak : 297 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback